Senin, 05 Desember 2011

Walt Disney

Bagi yang suka banget sama tokoh Mickey Mouse, Donal Duck dan Goofy pasti tahu dong sama penciptanya? Yap, siapa lagi kalau bukan Walt Disney. Tokoh satu ini bukan hanya animator legendaris, tapi juga sutradara film dan pendiri taman bermain terkenal di seluruh dunia, yaitu Disneyland. Nggak heran kalau Walt Disney disebut sebagai seseorang yang bisa membuat dunia imaginasi menjadi kenyataan.

Walter Elias Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois, USA. Minatnya pada dunia animasi sudah terlihat sejak Disney duduk di bangku sekolah. Saat masih belajar di McKinley High School, Disney juga ikut kursus malam di Chicago Art Institute. Kemudian setelah lulus SMA tahun 1919, Disney sempat bekerja di Kansas City Film Ad Company, dimana dia bertugas membuat iklan dalam bentuk animasi. Pengalamannya bekerja di Kansas City Film Ad Company tersebut membuat Disney semakin yakin untuk menjadi animator.

Disney dan saudaranya, Roy Disney mengumpulkan uang untuk mendirikan studio kartun di Hollywood. Kemudian pada tahun 1923, Disney Brothers' Studio pun berhasil didirikan di kota Hollywood, California. Di studio ini berbagai tokoh kartun animasi ternama Disney pun berhasil diciptakan. Mulai dari Mickey Mouse dan teman-temannya di tahun 1928, Snow White di tahun 1934, dilanjutkan dengan Bambi, Pinocchio dan Dumbo.

Meskipun sudah sukses menciptakan berbagai tokoh animasi dan kartun, tapi Disney masih punya cita-cita lain yang nggak kalah besarnya. Yaitu mendirikan sebuah taman bermain yang bisa menghadirkan semua tokoh kartun ciptaannya ke dunia nyata. Setelah menghabiskan waktu 5 tahun untuk mendesain dan merancang, akhirnya pada tanggal 17 Juli 1955, Disneyland pun resmi dibuka. Taman bermain yang bagaikan dunia khayal ini pertama kali berdiri di Anaheim, California dan sekarang sudah memiliki cabang di berbagai belahan dunia.

Setelah menghasilkan karya-karya yang membuat bahagia anak-anak di seluruh dunia, tokoh animator kreatif ini menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 15 Desember 1966 karena penyakit tumor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar