Minggu, 18 Desember 2011

Konser Malapetaka

Saat sedang menonton artis idola konser, salah satu yang sering bikin deg-degan adalah beberapa fans fanatik yang rela melakukan apa saja demi bertemu idolanya. Tindakan mereka ini sering memicu terjadinya sebuah kerusuhan dalam konser.

Dua konser berikut tercatat dalam tragedi konser terburuk sepanjang masa:

1. Konser The Rolling Stones (1969)
Konser gratis grup musik ternama yang diadakan di Altamont Speedway, California ini dikenang sebagai wajah buruk peta musik Rock n Roll hingga kini. Dari awal sebenarnya sudah dicurigai bakal rusuh, karena terjadi pergantian lokasi, yang membuat panggung konser yang diadakan tanggal 6 Desember 1969 tersebut berada di tanah yang paling rendah di lokasi itu. Artinya, para penonton lebih mudah merangsek masuk ataupun loncat ke atas panggung. Hal ini membuat tim Rolling Stones mengajak pasukan Hells Angels Hells Angels (komunitas Harley Davidson beken di sana) untuk menjaga di pinggir panggung. 

Kerusuhan dimulai saat sang vokalis Mick Jagger tiba-tiba dapat pukulan tak jelas di wajah, sesaat setelah turun dari helikopter. Aksi itu pun memicu keributan di kalangan penonton yang jumlahnya mencapai 300.000 orang. Apalagi ada penonton yang tak sengaja menubruk seorang Hells Angels hingga jatuh, membuat Hells Angels jadi beringas. Insiden itu pun makin buruk ketika ada salah seorang penonton yang dicurigai mau membunuh Mick Jagger karena membawa pistol, dan akhirnya ditusuk oleh salah satu anggota Hells Angels. Tercatat 4 orang tewas dan ratusan orang luka berat.

2. Tragedi Roskilde, Denmark (2000)
Festival musik ini diisi oleh salah satu band yang lagi beken banget saat itu, yaitu Pearl Jam. Konser yang dihadiri oleh sekitar 100.000 orang itu berujung tragis, dengan meninggalnya 9 orang penonton akibat tergencet oleh penonton lain. Tragedi ini dimulai saat ada beberapa orang crowdsurfer (penonton yang dioper dari tangan ke tangan di atas kepala penonton), jatuh.

Kondisi ini memicu kekisruhan di antara penonton. Polisi pun segera menghentikan festival ini, tapi sayang, korban yang jatuh sudah cukup banyak. Saking sedihnya, Pearl Jam-pun sempat berhenti sejenak dari festival. Dan tragedi ini sempat dituangkan dalam lagu Love Boat Captain, yang liriknya dibuat oleh sang vokalis Eddie Vedder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar