Sabtu, 27 Agustus 2011

Trik Terlihat Lebih “Pintar”

Pepatah yang bilang “don’t judge a book by its cover”, memang ada benarnya. Termasuk, dalam soal kadar otak. Yang gayanya cuek atau nyeleneh, bisa jadi luar biasa cerdasnya. Tapiii… dalam situasi ”khusus”, seperti presentasi di kelas atau di rapat OSIS, terlihat pintar sangat diperlukan. Dengan trik berikut, kita bisa terlihat lebih smart:

Bicara dengan cepat namun jelas. Yap, orang yang bicaranya lebih cepat, terkesan lebih smart daripada yang ngomong dengan lambat dan banyak jeda. Dengan syarat, harus tetap jelas.  Kunci biar bicara cepat tanpa keserimpet, kita harus pede sama apa yang kita sampaikan.

Volume suara lantang. Bukan berarti teriak, ya. Tapi suara itu bisa menunjukkan bahwa kita bersemangat dalam menyampaikan sesuatu.

Penampilan rapi. Misalnya kalau pakai seragam, pastikan kemeja dimasukan dengan rapi, rambut nggak berantakan. Sepatu dan kaos kaki huga harus diperhatikan ya.

Pemilihan bahasa yang tepat. Biasanya, di saat presentasi, kita harus pakai bahasa yang formal. Selain itu, pilih kata yang efektif, diatur biar nggak bertele-tele.

Menggunakan istilah “teknis” dengan proporsional. Sesekali gunakan istilah khusus, untuk menandakan kalau kita menguasai topik yang dibicarakan. Tapi jangan terlalu njelimet, ya. Nanti orang malah malas mendengarkan.

Senyum di saat yang tepat. Kebanyakan senyum bikin kita kelihatan nggak serius. Sebaliknya, pelit senyum memberi kesan kalau kita grogi.

Fokus terhadap perkataan orang lain. Pendengar yang baik dan ”nyambung” juga salah satu hal yang menyakinkan orang kalau kita cerdas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar