Sabtu, 27 Agustus 2011

Potty Training for Our Puppy

Anak anjing memang lucu dan menggemaskan banget. Sampai mereka buang air di semua tempat, baru deh bikin kita repot.

Bosan karena selalu harus membersihkan bekas pup atau pipis anak anjing kita? Coba deh latih mereka untuk buang air pada tempatnya. Walaupun agak sulit, bukan berarti hal itu mustahil buat dilakukan. Ini dia tiga tip buat kita mulai melatih puppy kita jadi tambah pintar.

Bikin batasan daerah
Bikin batasan daerah mana yang boleh digunakan sebagai “toilet” dan daerah mana yang nggak boleh. Kalau rumah kita kebetulan ada kebun, kita bisa menggunakan kebun sebagai “toilet”. Tapi, kalau nggak ada, taruhlah karpet atau keset atau apa pun sebagai area tidurnya. Lalu, di tempat lain yang agak jauh dari tempat tidurnya, letakkan koran sebagai area “toilet”.

Awasi waktunya
Hampir sama seperti kita, anjing akan cenderung mau pergi ke “toilet” setelah makan atau ketika baru bangun dari tidur. Makanya, perhatikan ketika anjing kita sudah mulai gelisah pada waktu-waktu tersebut, itu berarti dia mencari “toilet”. Segeralah angkat dia dan letakkan ke atas koran yang sudah tersedia.

Latih terus dan terus
Sayangnya, anjing perlu banyak latihan untuk mengerti satu kebiasaan. Kita mesti sabar karena potty training ini nggak bisa berhasil dengan satu kali latihan saja. Kalau anjing kita masih bandel, jangan pernah pukul dia tapi tegur dia dengan nada tegas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar