Rabu, 08 September 2010

Bumi Perlu Peringatan Bencana Asteroid

Ahli internasional berkumpul mencari cara terbaik mengembangkan dan membuat deteksi global, peringatan dini ancaman asteroid pada seluruh makhluk hidup di bumi.

Workshop tiga hari tersebut mengundang spesialis pelacak asteroid, ilmuwan luar angkasa, astronot dan otoritas PBB, ditambah dengan ahli manajemen bencana dan risiko dan ahli komunikasi peringatan dini.

“Workshop tersebut menyediakan langkah maju ke depan tentang pemikiran akan kebutuhan komponen informasi, analisis dan jaringan peringatan dini untuk asteroid,” ujar Eksekutif Direktur Secure World Foundation Ray Williamson.

Pertemuan tersebut berakhir pada tanggal 20 Januari yang juga dikoordinasi oleh Asosiasi Penjelajah Ruang Angkasa dan Pusat Regional untuk Sains dan Edukasi Teknologi Ruang Angkasa di Amerika Latin dan Karibia (CRECTEALC).

Gagasan awal pembentukan forum tersebut adalah ketika meteorit kecil menabrak kantor seorang dokter di kota kecil di Virgina dan laporan Akademi Nasional Sains beberapa hari kemudian menunjukkan bahwa pemerintah Amerika Serikat tidak melakukan usaha yang cukup dalam melindungi bumi dari asteroid dan komet yang mendekati bumi.

Sergio Camacho, Sekjen CRECTEALC mengatakan bahwa hasil workshop tersebut akan menjadi sumber daya vital pada ilmu pengetahuan PBB dan panel teknis yang mendukung Komite Damai Pengguna Ruang Angkasa.

Komite tersebut terlibat dalam kerja keras selama tiga tahun dalam prosedur draft internasional untuk menangani ancaman yang mungkin saja ditimbulkan oleh asteroid terhadap bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar