Jumat, 16 September 2011

Posisi dalam Keluarga

Sering iri dengan kebebasan dan kemandirian yang dimiliki kakak atau perlakuan manja yang diterima oleh adik? Well, don’t be. Pasalnya, setiap posisi dalam keluarga, baik anak tertua, tengah, atau si bungsu, punya kekuatan dan kelemahan karakter masing-masing. Cari tahu, yuk!

Sulung
  • Kelebihan
Terbiasa dididik menjadi pemimpin, membuat anak sulung biasanya punya karakter mandiri, bijak dan disegani oleh adik-adiknya. Nggak heran, kalau mereka sering jadi tempat bertanya, jago memecahkan masalah, dan diharapkan solusinya.
  • Kekurangan
Tapi, kalau nggak dikelola dengan baik, sifat pemimpin ini bisa membuat anak sulung terlihat dominan dan bossy. Mereka juga nggak terlalu suka kalau berhubungan dengan orang lain yang nggak dewasa.

Tengah
  • Kelebihan
Posisinya yang berada di antara kakak dan adik, membuat si tengah lebih sosial dan mau mendengarkan banyak pihak. Ia juga merupakan pendengar yang baik dan sering diandalkan untuk jadi tempat mengadu kalau sedang ada konflik di rumah.
  • Kekurangan
Sering dianggap nggak menonjol karena tertutup spotlight yang dimiliki kakak dan adik. Tapi, kalau si anak tengah tetap menjadi dirinya sendiri sehingga punya karakter yang kuat, mereka bisa sama hebatnya dengan saudara lainnya.

Bungsu
  • Kelebihan
Menjadi anggota termuda dalam keluarga, membuat si bungsu dapat perhatian lebih dari sekitarnya. Sadar dengan hal ini, si bungsu bisa jadi sosok yang ceria, menyenangkan dan ditunggu-tunggu kehadirannya, untuk meramaikan suasana rumah.
  • Kekurangan
Banjir perhatian dari sekitar bisa jadi bumerang kalau si bungsu nggak bisa mengelolanya dengan baik. Ia bisa berkembang jadi sosok yang manja, haus perhatian, bahkan tergantung sama orang lain. Muthia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar