Sabtu, 10 September 2011

Adikku Doyan Nimbrung

Teman kita lagi main ke rumah, nih. Saat seru-seruan kumpul, tiba-tiba adik kita nimbrung. Lagi mau curhat, adik ikutan nongkrong. Hmm, punya adik yang suka sok akrab kayak begini memang ngebetein. Kemana kita pergi suka ngintilin, apalagi kalau kita lagi gabung sama teman-teman, pasti suka gabung tanpa diundang, deh.

Meskipun si adik nggak ikut ngobrol secara langsung, tapi keberadaanya dalam lingkaran kumpul kita memang terasa sedikit menggangu. Nah, biar acara kumpul bareng teman kita suasananya nggak terganggu, begini cara mengahadapi si adik yang suka buntutin kita dan geng.

Tegur baik-baik
Bilang langsung kepada adikmu bahwa acara kumpul kalian tertutup dan tidak boleh ada yang mengganggu. Minta adikmu untuk menonton televisi atau bermain di tempat lain. Bila perlu berikan ia permen atau cokelat agar ia mau pergi menjauh sebentar dari kalian.

Sindiran
Secara kompakan kita dan teman-teman bisa menyemprotkan sindiran kepada adik, misalnya “Yang masih kecil nggak boleh gabung yah”, atau “Aduh kayanya ada orang yang nggak diundang deh ikutan gabung”. Bila adik kita sensitif, bisa saja cara ini bisa berhasil mengusir dia dari lingkaran kita.

Cari tempat aman
Cara paling jitu untuk menghindari timbrungan adik yang rese adalah mencari tempat kumpul yang aman seperti di kamar. Jangan lupa untuk secepatnya mengunci pintu kamar sebelum si adik ikut masuk. Karena kendali kunci ada di tangan kita, jadi tak ada yang bisa membukakan pintu untuknya agar bisa bergabung masuk.

Adukan ke Mama
Bila cara menengur dan sindiran tidak berhasil, saatnya meminta campur tangan orang ketiga. Jujur saja kepada mama bahwa keberadaan adikmu yang suka nimbrung sangat menganggu kenyamanan kumpul kalian. Minta mama yang menegur langsung atau mengajak adikmu melakukan kegiatan lain agar tidak bergabung dalam lingkaran kumpul kita.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar